favicon
Template ini sudah tersedia untuk digunakan.
Dapatkan!

Cara Sederhana Mengecek Mobil Sebelum Mudik Lebaran

   
Cara Sederhana Mengecek Mobil Sebelum Mudik Lebaran

Cara Sederhana Mengecek Mobil Sebelum Mudik Lebaran


Indo Automotif - Tidak terasa,bulan ramadhan sudah di ujung mata. Nikmat yang di rindukan adalah ketika perjalanan mudik ke kampung halaman.

Buat sobat indo automotif,jagalah keselamatan kamu ya. 

Cara Sederhana Mengecek Mobil Sebelum Mudik Lebaran,Cek selalu mobil tercinta kita. Supaya aman,nyaman,dan selamat. Yang perlu di cek adalah 

- Plat kopling

Untuk mengetahui aus tidaknya plat kopling, tidak harus membongkar transmisi. Caranya, saat mesin hidup, tarik tuas rem tangan. Masukkan gigi satu lalu lepas koplingnya perlahan. Rasakan perpindahan tenaga, sambil perhatikan kinerja mesin. Bila mesin langsung mati, berarti kopling masih dalam kondisi prima. Pastikan rem tangan mobil kita pakem. Bisa juga dengan cara lain. Jalankan mobil seperti biasa. Ketika jalan, injak gas tiba-tiba. Jika mesin meraung-raung dulu baru jalan berarti plat koplingnya minta dibelikan yang baru.
- Rem

Kampas rem sangat sering dipakai. Jadi, mesti “sehat”. Untuk mengeceknya, pada rem cakram cukup buka ban dan periksa ketebalan kampasnya. Kalau yang masih teromol, ada pekerjaan tambahan, yakni membersihkan rumah teromolnya. Gunakan kuas untuk membersihkannya.

- Bearing/bantalan roda/lager

Biasanya, mobil yang dibawa mudik akan menerima beban lebih dari biasanya dan menempuh perjalanan jauh. Bila muncul suara dengungan dari roda, kemungkinan bearing-nya minta diganti yang baru. Untuk memeriksanya dongkraklah mobil Kita. Kemudian goyang-goyangkan rodanya, ke atas, bawah, kiri-kanan. Kalau terasa ada celah dan terasa berguncang, sebaiknva lekas diganti. Kalau sudah dicek semua dan tidak ada masalah, selamat mudik deh! Jangan lupa, gunakan sabuk keselamatan.

Dan satu pesan penting dari Indoautomotif,adalah jaga jarak antara mobil satu dengan yang lainnya,serta jaga kondisi. Jika tidak fit,disarankan untuk beristirahat di tempat yang memungkinkan ramai,dan jangan yang sepi,dikarenakan ada kasus yang tidak diinginkan.


Last update
Add Comment